Rabu, 17 Juni 2020

Resume Kuliah Online 8

Cuaca malam ini terasa sejuk menyegarkan. Kota kami siang tadi mendapat berkah dari guyuran hujan. Walau cuaca sangat nyaman untuk melanjutkan rebahan, namun semangat tetap ada untuk mengikuti kegiatan Kuliah Online; Belajar Menulis bersama Omjay yang malam ini memasuki pertemuan kedelapan.



Narasumber hebat malam ini adalah Cikgu Tere. Nama lengkapnya adalah Teresia Sri Rahayu, S.Pd.SD. Beliau adalah guru hebat dengan segudang prestasi.

Kisah diawali dari pertama beliau mengenal dan mengikuti kelas menulis bersama Omjay pada Gelombang 4. Sama seperti kami saat ini, beliau juga membuat resume dari narasumber hebat pada kelas itu. Resume ini kemudian dikirim ke email Omjay dan dipublikasikan di masing-masing blog peserta.
Awal mula membuat resume beliau mengimitasi gaya menulis orang lain. Namun karena menemui kebuntuan, maka beliau mengikuti tips dan trik dari Omjay yaitu blog walking dan menulislah setiap hari. Hingga akhirnya beliau menemukan style tersendiri dalam membuat resumenya. Kesuksesan beliau dalam membuat resume dapat terlihat dari banyaknya viewer dalam resumenya seperti pada resume berikut Semua Guru Bisa Jadi Gupres

Ada salah satu pengalaman menarik beliau yang terjadi selama mengikuti kelas menulis. Saat itu ibu Lilis Sutikno sebagai narasumber menantang peserta kelas untuk membuat resume tercepat. Karena kendala pada listrik, Cikgu Tere menyelesaikan resume pada pukul 01.00 dan langsung mengirimkan hasilnya. Ternyata beliau bisa masuk pada 10 peserta tercepat yang mengirim resume dan mendapat hadiah buku dari ibu Lilis.

Setelah itu, motivasi Cikgu Tere meningkat walau motivasi utamanya ada dua yaitu menulis untuk berbagi dan menulis untuk berprestasi.


Deretan penghargaan beliau antara lain sebagai Resume Tercepat, Resume Terbaik dan Tulisan Terbaik dan Inspiratif. Kemudian beliau juga mendapat penghargaan sebagai Blogger Inspiratif dari Ikatan Guru TIK dan penerbit Andi Yogyakarta.

Menulislah setiap hari dan buktikan keajaibannya.

Ini adalah kalimat Omjay untuk memotivasi kami peserta kelas menulis. Dan Cikgu Tere termasuk salah satu orang yang sudah membuktikannya. Hal ini terjadi saat menyimak materi dari Prof. Richardus Rico Indarjit. Saat itu Cikgu Tere bisa menyelesaikan tantangan menulis buku selama 21 hari yang diberikan oleh sang profesor. Dan akhirnya setelah melewati serangkaian proses, buku Cikgu Tere diterbitkan oleh penerbit Andi.
Berikut adalah tips menulis resume ala Cikgu Tere.
1. Menulis resume sesegera mungkin, selagi topik itu hangat. Tujuannya agar tidak semakin banyak uraian yg terlewat.
2. Menulis resume sesuai dgn gaya menulis kita sendiri. Just be your self. 
3. Tangkap point penting materi dr narasumber, modifikasi dengan kalimat sendiri (jangan asal copas materi dari chat)
4. Gunakan pengantar yg menarik sebelum masuk di isi resume.
5. Gunakan heading dan sub heading agar resume terkesan lebih rapi tatanannya. Selain itu, penggunaan heading dan sub heading akan membantu pembaca
memahami struktur tulisan.
6. Tulislah resume dengan sepenuh hati. Bukan karena sekedar ingin mengerjakan tugas dr OmJay. Ketika kita sudah menulis resume dgn sepenuh hati, maka pasti kita akan melakukan effort yang lebih dari orang lain/blogger yang lain.
- Menentukan judul resume yg wow
- Mencari referensi terkait topik
- Merancang "pasar" resume kita dan melakukan strategi promosi
- Merancang tampilan / visual resume dgn menambahkan gambar atau video di resume kita.
-Melakukan editing sederhana (PUEBI)
7. Cari informasi terkait narasumber yang akan kita tulis materinya melalui resume.
8. Gunakan aplikasi atau alat - alat lain yg mendukung kita dalam menulis resume, misalnya jika ada narasumber yg memberikan materi melalui youtube, maka putar videonya di hp, sambil ketik resumenya. Atau jika ada narasumber yg menyampaikan materi melalui voice note, gunakan aplikasi voice to text utk mengubahnya menjadi text.
9. Lakukan blog walking untuk mencari informasi yang mungkin terlewat serta mencari inspirasi menulis.


Berikutnya kamipun memasuki sesi tanya jawab dan diskusi. Malam ini ibu moderator kami yaitu ibu Fatimah bertugas di kelas lain. Sehingga moderator malam ini adalah ibu Aam Nurhasanah. Beberapa hal yang kami diskusikan antara lain:
1. Untuk menulis yang dikatakan bermutu, tentunya kita harus terus menulis, karena tulisan yang bermutu bukan produk sekali jadi. Ibaratnya butuh jam terbang juga. Dari pengalaman, untuk mengetahui tulisan itu bermutu atau tidak, Cikgu Tere coba kirim tulisan ke majalah atau blog komunitas seperti kompasiana atau gurusiana. Karena di sana ada penilaian terhadap tulisan kita. Kemudian agar tidak minder, kita harus kembali meluruskan niat kita untuk menulis yaitu untuk berbagi. Jika kita ikhlas berbagi, maka pelan - pelan perasaan minder akan hilang
2. Untuk menerbitkan karya, bisa dimulai dari lingkup sekolah terlebih dahulu. Mungkin ada majalah dinding atau blog / website sekolah.
3. Strategi yang digunakan Cikgu Tere dalam menyelesaikan menulis buku dalam 21 hari yaitu membuat jadwal dulu. Malam itu langsung beliau kirim outline Bab 1 - 3 pada Prof. Eko sekaligus rancangan judulnya. Ternyata besoknya langsung di tagih Bab 1 maka berdasarkan outline yang sudah dibuat beliau langsung menulis. Sambil menulis, sambil mencari referensi pendukung. Kebanyakan dari jurnal dan website online walaupun ada juga yang dari buku koleksi pribadi. Dalam perjalanannya kami mendapat tambahan waktu 1 minggu, namun dengan catatan jumlah halaman minimal 100 hlmn dan dibuat 5 bab dengan spasi 1. Sehingga kerja keras lagi.
4. Dalam memilih judul yang menarik, tentunya yang mengundang penasaran pembaca, kita perlu hati-hati karena kadang kita menemukan ada judul yg tidak sesuai dengan isinya. Sehingga pembaca akan kecewa. Dalam buku Cikgu Tere ini dibahas bagaimana cara memilih judul Lima Judul Tulisan Yang Menarik Minat
5. Untuk menambahkan gadget statistik pengunjung blog, kita bisa membuka bagian tata letak pada menu blog kemudian klik tambahkan gadget dan silakan dipilih menu statistik pengunjung blog kemudian simpan. Pada menu tata letak ini, banyak sekali menu yang bisa kita pilih.
6. Dalam membuat resume, kita mengambil poin pentingnya jangan hanya copy paste dari chat saja.
7. Cara membiasakan menulis salah satunya adalah dengan dipaksa kemudian terpaksa yang lama-lama akan terbiasa.
8. Menyiasati jika tidak ada waktu setiap hari untuk menulis maka tulislah beberapa baris kalimat atau ide. Bahkan menuliskan mind map saja. Jika ada waktu maka kita dapat menulis lengkapnya.
9. Kompetisi blogger beberapa kali diadakan oleh kompasiana dan gurusiana. Bisa juga menanyakan hal ini pada Omjay.
10. Salah satu manfaat menulis bagi proses belajar mengajar adalah tulisan kita bisa menjadi bahan ajar siswa kita. Selain tentunya kemampuan profesional kita juga meningkat.
11. Untuk bergabung di tantangan menulis gurusiana, silakan aktif mengikuti postingan  member dan admin gurusiana termasuk media guru.

Sebenarnya masih banyak hal yang ingin kami bahas malam ini, namun karena waktu sudah menunjukkan pukul 21.06 WIB, maka Cikgu Tere pun menyampaikan kesimpulan kegiatan malam ini.
"Menulis resume banyak manfaatnya. Menambah pengetahuan, mengikat sari - sari ilmu, dan menajamkan pola berpikir kita. Jika kita mengaktifkan diri menulis resume dengan baik dan sepenuh hati, niscaya banyak keajaiban akan terjadi. Maka, buktikanlah sendiri. 🙏🙏🙏"

15 komentar:

  1. Balasan
    1. Terima kasih bu...
      Sy masih belajar dari ibu untuk mengatur kata agar memotivasi. 🙏🙏

      Hapus
  2. Balasan
    1. Terima kasih pak...
      Sy masih belajar untuk lebih lengkap lagi menuliskan diskusi seperti blog bapak 🙏🙏

      Hapus
  3. Balasan
    1. Terima kasih ibu...
      Masih berusaha menyusun agar bahasanya menarik seperti di blog ibu 🙏

      Hapus
  4. Terus berbagi melalui tulisan

    BalasHapus
  5. Terima kasih...
    InsyaAllah...

    BalasHapus
  6. Bagus lengkap bu...semangat menulis

    BalasHapus
  7. Bagus lengkap pula..
    Semangat menulis bu

    BalasHapus
  8. keren.... lengkap resumenya
    semangat menulis ya
    salam literasi

    BalasHapus
  9. Backgroundnya bagus bun...
    Resume jg mengalir...
    Mantul

    BalasHapus
  10. Menulis itu harus dipaksakan dan lama lama menjadi kebiasaan

    BalasHapus

Aryanta

 Kata Aryanta bermakna tegas, pendirian kuat, cenderung kaku dan keras kepala. Karena ada makna negatif, maka kami tambahkan nama Damar dala...