Senin, 15 Juni 2020

Resume Kuliah Online 7

Tanpa terasa kelas menulis sudah memasuki pertemuan ketujuh. Setelah sebelumnya kami belajar dan berbagi pengalaman dengan narasumber hebat, malam ini kami dipertemukan kembali dengan narasumber hebat lainnya yaitu Bapak Brian Prasetyawan. Walau malam ini hujan mulai turun di daerah Tangkiling, saya tetap mengikuti kelas menulis ini. Agak cemas sebenarnya, karena beberapa kali kejadian jika hujan turun maka signal juga turun alias hilang. Bismillah...mudahan malam ini signal aman.


Biodata Bapak Brian
Nama: Raimundus Brian Prasetyawan, S.Pd
Tempat tgl lahir: Jakarta, 30 Juni 1992
Pendidikan: S1 PGSD
Pekerjaan: Guru SD
Tempat tinggal: Bekasi
Aktivitas lain: ngeblog sejak 2009, Menulis buku,  puluhan artikel dimuat media cetak.

Kelas dimulai dengan pengantar dari bapak Brian yang mengaku deg-degan karena beliau akan mengisi kelas yang banyak senior dalam mengajar. Padahal dalam urusan dunia blog, saya amat sangat yakin beliau lebih ahli. Terlihat dari banyak pengalaman beliau yang sudah berhasil menerbitkan buku dan banyak lagi artikel yang sudah dimuat di media cetak.

Walaupun beliau sudah lama di dunia blog, beliau tetap mau belajar dalam dunia menulis. Karena itulah beliau bergabung juga dengan kelas Omjay. Awal mula sebagai peserta kemudian banyak membantu Bapak/Ibu guru yang kesulitan membuat blog. Tujuannya agar semakin banyak Bapak/Ibu guru yang menggunakan blog dan tahu bahwa blog itu tidak sulit.
Dalam membuat blog, motivasi menjadi faktor penting untuk menjaga konsistensi ngeblog. Motivasi ini berasal dari dua hal yaitu hasil ngeblog dan target ngeblog. Sekarang ini banyak blogger yang terjebak pada motivasi yang berorientasi pada hasil, khususnya penghasilan dari iklan. Ini motivasi yang sebaiknya dihindari, karena jika tak kunjung dapat penghasilan, kita akan mudah meninggalkan blog. Memasang iklan boleh saja tapi jangan terlalu banyak berharap.
Apalagi bagi blogger yang baru membuat blog, perlu menunggu minimal 6 bulan jika ingin mendaftarkan blognya ke google adsense, itu pun tidak dijamin pasti diterima.
Jadi perlu beliau luruskan, mari kita kembali pada tujuan awal bergabung dengan grup ini yaitu mengasah kemampuan menulis hingga menerbitkan buku. Blog digunakan sebagai media tempat kita menulis saja.

Beberapa hal yang beliau sampaikan malam ini antara lain:

Ide Tulisan

Kurangnya Ide tulisan kerap menjadi penghambat aktivitas menulis kita, Terkadang  kita sudah berada di depan laptop dan siap menulis, tapi masih bingung mau menulis apa. Menurut saya, kita tidak perlu menunggu ide/kejadian hebat untuk bisa menulis. Saya memiliki prinsip, hal biasa yang kita lakukan/alami bisa jadi dianggap luar biasa bagi orang lain. Maka hal yang paling mudah ditulis adalah pengalaman/aktivitas sehari-hari di rumah atau di tempat kerja. Apalagi kita guru, tentu punya banyak cerita.

*Blogger vs Wordpress*

Ini pertanyaan yang tidak pernah ada habisnya dari masa ke masa hehehe. Lebih bagus pakai blog apa ? Blogger atau wordpress. Sebelum bapak ibu bertanya, saya jawab duluan saja sekarang ya hehe. Jadi nanti bapak/ibu bisa bertanya hal lain. 
Jawaban saya tidak beda jauh dengan Mr Bams saat menyampaikan kisah ngeblog di wordpress. Antara blogger atau wordpress tergantung selera masing-masing. Lebih spesifik lagi, tergantung blog mana yang pertama kali ia kenal. Jika pertama kali blog yang dikenal adalah wordpress, maka akan mempelajari wordpress sampai terbiasa dan nyaman, sehingga menganggap wordpress lebih bagus. Maka menurut saya, Tidak ada jawaban objektif untuk menjawabnya. Jika ada yang bisa menjawabnya, kemungkinan dipengaruhi subjektivitas. Orang yang sudah lama terbiasa menggunakan blogger akan menjawab blogger lebih bagus. Begitu juga sebaliknya. 
Jadi sebenarnya tidak perlu membandingkan blogger dan wordpress. Yang perlu dilakukan adalah memilih salah satunya dan gunakan secara konsisten.

*Teknis penggunaan blogger*
Seperti yang saya katakan di atas, ada bapak/ibu peserta yang sesekali mengalami kesulitan penggunaan blog. Saya sesekali menjawab di grup dan lebih banyak menjawab pertanyaan yang japri ke saya. Mengapa sebaiknya japri ? karena jika pertanyaan disampaikan lewat grup, akan tertimpa banyak chat baru lainnya sehingga saya sering tidak menyadari ada kesulitan yang disampaikan di grup.
Hal terbaru dari blogspot adalah blogger.com perlahan-lahan menuju perubahan tampilan baru. Saat ini, jika baru membuat blog, maka secara otomatis kita disajikan penampilan baru blogger.com. Namun ini masih tahap uji coba. Kita masih dapat mengembalikan ke  tampilan lama blogger. Namun suatu saat nanti pasti tampilan baru akan menjadi permanen. Maka sebaiknya bapak/ibu sedikit demi sedikit mulai membiasakan diri dengan tampilan baru blogger.com. Blogger.com memang kerap mengubah tampilan. Sudah tak terhitung berapa kali berubah tampilan sejak saya pertama kali ngeblog pada 2009.

Ini adalah buku bapak Brian yang sudah diterbitkan

Untuk tips membukukan tulisan dari blog yang beliau sampaikan bisa kita baca di https://www.praszetyawan.com/2020/06/membukukan-tulisan-di-blog.html?m=1

Berikutnya kami memasuki sesi tanya jawab/diskusi yang dipandu oleh ibu Fatimah. S.Si dari Aceh. Beberapa hal yang kami bahas antara lain :
1. Untuk dapat menjadi seorang blogger yang sukses bukan tergantung dari lamanya waktu karena masing-masing individu dan ilmu yang didapatnya.
2. Untuk menyusun buku,diperlukan tema/topik utama dalam sebuah buku karena itu yang akan menjadi pedoman menyusun buku.
3. Agar blog dapat ditemukan pada pencarian google maka ada dua hal yang dapat dilakukan, yaitu
1. buatlah tulisan yang masih jarang di posting oleh web/blog lain.
2. Mendaftarkan blog ke google webmaster. Ini teknik blog yang lumayan perlu waktu untuk memahaminya. Tapi jika sudah bisa, sangat ampuh langsung memunculkan blog kita di halaman pertama google.
4. Blog tidak ada masa berlakunya. Misalnya Blog dari 2008 dan sudah ditinggalkan pemiliknya pun masih ada di google. Tapi yang sering terjadi adalah, pemilik blog lupa email/password akun blognya sehingga blog tidak bisa dipakai.
5. Penjelasan tentang google adsense. Google adsense akan membayar kita jika ada orang yang mengklik iklan yang ada di blog kita. Jika tidak ada yang mengklik iklan, ada perhitungan kita dibayar berdasarkan seberapa banyak iklan kita dilihat pengunjung. Tapi di awal, bayarannya kecil sekali.
6. Tips agar blog dikunjungi banyak orang:
- share link blog ke medsos
- bergabung dengan grup blogger, sehingga kita bisa share tulisan kita di grup itu. Contoh grup blogger: Warung Blogger
- membuat tulisan tips/how to yang banyak dicari orang


Adapun kesimpulan materi malam ini adalah


  • Menulis di blog bisa menjadi modal awal untuk membuat kumpulan tulisan kita menjadi buku. Jangan sampai kesulitan dalam ngeblog membuat kita menyerah menulis. ita beruntung tergabung dengan grup ini sehingga bisa saling membantu dan mendukung,
  • Menulislah dengan lepas tanpa beban bahwa apakah tulisan kita sudah bagus atau belum, akan banyak yang baca atau tidak.
  • Hal biasa menurut kita bisa dianggap luar biasa bahkan menginspirasi orang lain. Maka menulislah.

6 komentar:

Aryanta

 Kata Aryanta bermakna tegas, pendirian kuat, cenderung kaku dan keras kepala. Karena ada makna negatif, maka kami tambahkan nama Damar dala...