Rabu, 24 Juni 2020

Resume Kuliah Online 11

Setelah berhari-hari hujan setia menemani kelas menulis, Alhamdulillah malam ini dipertemuan yang kesebelas cuacanya cerah. Walau agak terasa lelah karena siang tadi mulai mengisi raport, namun malam ini semangat mengikuti kelas masih bisa saya rasakan. Terlebih malam ini kami akan belajar bersama narasumber hebat berikutnya yaitu pak Dedi Dwitagama.
Beliau adalah seorang guru matematika di SMKN 50 Jakarta. Untuk lebih tau tentang beliau, kita bisa membacanya di Blog Pak Dedi.
Beliau menulis sejak 2005. Banyak pengalaman yang sudah dituliskan dalam Perjalanan Pak Dedi .

Kegiatan malam ini diawali dengan sharing pengertian blog. Blog adalah catatan atau dokumentasi seseorang atau sebuah organisasi yang ditayangkan di internet berbasis web dan bisa diakses oleh orang. Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh Pyra Labs sebelum akhirnya diakuisisi oleh Google pada akhir tahun 2002. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut.
Pak Dedi pertama kali ngeblog di Blogspot kemudian hijrah ke Wordpress pada 2007. Beliau juga ngeblog di Kompasiana. Selama lebih dari 13 tahun menulis di blog, beliau sudah menulis lebih dari 4.100 artikel dan sudah dikunjungi oleh hampir 600.000 pembaca. Luar biasa...
Manfaat blog bagi beliau yang utama adalah mendokumentasikan kegiatan, perjalanan, ide-ide, keresahan, atau apa saja yang bisa disampaikan secara lisan pada rapat-rapat di sekolah atau yang tak bisa disampaikan pada siapapun, seperti keranjang yang beliau titip di dunia maya.
Pak Dedi juga menggemari dunia fotografi. Bisa kita lihat hasil fotografinya di sini. Beliau sudah mendokumentasi hasil fotografinya bahkan sebelum instagram hadir.
Agar sharing interaktif, kami pun langsung diberikan kesempatan bertanya. Karena grup WA tidak dikunci, maka setiap anggota bisa langsung bertanya. Sayapun langsung mengajukan pertanyaan ba higaimana bisa menjaga konsistensi menulis di blog. Pak Dedi menjawab dengan sangat jelas yaitu "Saya menulis kapan aja saat ide muncul, saat ini saya sering menulis saat menunggu anak di lokasi parkir sekolahnya, sambil denger musik di mobil, menulis dengan menggunakan HP. Dan tak perlu di edit, langsung tayangkan saja"
Selain itu beberapa pertanyaan yang langsung beliau jawab antara lain;
1. Agar tulisan kita semakin berkualitas, maka seringlah menulis. Karena pengalaman menulis kita akan meningkatkan mutu tulisan. Selain itu seringlah berkunjung ke blog teman sebagai pembanding.
2. Yang bisa kita lakukan untuk menulis disela-sela kesibukan salah satunya adalah membalas komentar pembaca di blog karena hal ini dapat meningkatkan motivasi kita dalam menulis.
3. Cara Pak Dedi mengatur waktu yaitu beliau tak membuka group WA, lebih senang membuka portal resmi yang minim hoax, jarang ngerumpi, lima belas menit sebelum absen pulang beliau berusaha posting tulisan atau menjadwalkan untuk terbit minggu depan.
4. Tips mengubah resume menjadi buku yang menarik salah satunya adalah coba tempatkan diri kita sebagai pembaca buku yang kita tulis kemudian amati apakah tulisan kita menarik atau tidak, jawab sendiri secara jujur. Boleh juga  minta tolong teman atau keluarga untuk menilai. Perbaiki kekurangannya, lalu segera terbitkan. Karena kalau diulang-ulang pasti selalu ada yang kurang.
5. Inspirator Pak Dedi dalam menulis adalah Prof. Arief Rachman. Waktu SMA beliau pernah ditunjuk sekolah mewakili semua murid untuk ikut seminar di Jakarta, yg pembicaranya Prof, Arief Rachman. Sayang beliau tak bisa jadi Doktor karena disertasi tak tuntas akibat terima job dua tahun keliling Indonesia bersama BNN RI semaikan anti narkoba.
6. Dari artikel Pak Dedi, paling banyak artikel yang bertema pendidikan.
7. Supaya blog kita banyak pegunjungnya, kita harus megunjungi blog orang lain, memberi komentar dan membalas komentar di blog kita.
8. Untuk menghilangkan kebiasaan menulis karena tergantung mood salah satunya adalah saat tak ada mood kunjungilah blog orang lain maka muncul ide deh, langsung tulis dan upload.
9. Agar kalimat pertama kita menarik perhatian maka kita tulis langsung ide tulisan pada kalimat pertama, setelah itu lanjutkan dengan uraian yang diperlukan, sertakan foto dan video supaya lebih joss. Seperti pada tulisan Pak Dedi yang ini .
10. Dalam mendokumentasikan tulisan kita boleh saja di dua platform blog karena blog itu seperti majalah atau rumah kita, apapun boleh kita isi. Tetapi jika kita memiliki blog di kompasiana.com sebaiknya kita posting di kompasiana dulu baru copy paste di blog lainnya. Karena kompas punya sistem yang bisa tahu tulisan kita sudah tayang di tempat lain dan itu bisa membuat kita di suspend.
11. Idealnya semua kegiatan anda, kegiatan sekolah anda harus didokumentasikan. Sesuatu yang bagi anda biasa, bisa jadi buat orang lain di tempat lain bisa jadi luar biasa. Seperti anda membuang gelas air kemasan yang anda anggap tak bernilai, buat pemulung itu luar biasa, bisa menyambung hidupnya.
12. Kiat agar bisa tampil confident maka persiapkan materi yang diminta penyelenggara, paparkan materi yang kita kuasai, siapkan slide, dilengkapi foto dan video pendukung, berlatih di depan kaca atau teman dan keluarga. Jangan pernah menolak jika diminta presentasi, soal dibayar atau tidak bakal datang bayarannya kemudian.

Tanpa terasa, waktu sudah menunjukkan pukul 21.00 WIB. Saatnya kelas menarik ini harus berakhir. Kesimpulan dari Pak Dedi malam ini adalah "Manusia yang baik adalah manusia yang bermanfaat buat orang lain, peribahasa gajah mati meninggalkan gading. Kedua point itu bisa diaplikasikan lewat media Blog yang sekarang bisa kita kelola menggunakan HP . Apalagi kemudian bisa membuat kita dikenal orang dan diundang kesana-kemari, dan dibayar pula. Menulis di blog, mendokumentasikan apa saja yang terlintas. Nikmati hasilnya kemudian"

28 komentar:

  1. Balasan
    1. Terima kasih sudah berkunjung ibu...πŸ™

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Keren. Mantap bunda resumenya. πŸ‘πŸ‘

    BalasHapus
  4. Wah ini mah blogger benetan nih bu. Bagus. Keren. Saya ingin bisa bikin tulisan yang nantinya ada kterangan klik di sini. Tapi gimana caranya bu? Bagi ilmu nya dong

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih ibu...
      Ibu bisa klik di tulisan link di sebelah gambar. Kemudian masukkan alamat link. Nah, di baris atas, ibu bisa tuliskan klik disini atau tulisan lain yang mengacu pada link tersebut πŸ™πŸ™

      Hapus
  5. Terima kasih ibu...πŸ™
    Saya masih terus belajar agar semakin rapi seperti di tulisan ibu πŸ™

    BalasHapus

Aryanta

 Kata Aryanta bermakna tegas, pendirian kuat, cenderung kaku dan keras kepala. Karena ada makna negatif, maka kami tambahkan nama Damar dala...