Rabu, 03 Juni 2020

Resume Kuliah Online 2

Malam ini kami melaksanakan kelas kedua bersama narasumber yang luar biasa yaitu Ibu Hati Nurahayu, S.Pd.

Beliau adalah guru di SMP/SMA karakter UBA Boarding School. Dengan pengalaman yang luar biasa, beliau berkenan memberikan materi pada kami di kelas menulis bersama Omjay.
Materi dari beliau antara lain adalah mengubah PTK menjadi buku.  Beberapa poin penting malam ini adalah sebagai berikut :
1. Semua guru pastinya terutama yang diwajibkan menulis biasanya bagi PNS untukmemenuhi naik pangkat.  Susah susah gampang dalam menyusun  atau menentukan latar belakang  menentukan PTK. Itu modal  atau titik awal  yang menentukan  PTK dapat dilakukan
2. Lalu  setelah  membuat PTK dapatkah kita  mendapatkan  nilai PAK versi lain,  ini terutama bagi PNS. selain artikel untuk dijurnalkan, dapat pula  kita jadikan buku. Buku ini memiliki kebermanfaatan lain juga sebagai bahan literasi bacaan pendidik lain dalam melakukan PTKnya juga.
3. Banyak versi dan ciri khas setiap guru dalam menyusun PTK. Naskah yang beliaunterima tidakbbm langsumg diterbitka tetapi mengubah terlebih dahulu selayaknya buku yang lebik oke penampakannya untuk dibaca, juga menarik.
4. Dalam mengubah PTK  menjadi buku, penting sekali memperbanyak isi materi variabel bebasnya dari kata kunci judul buku kita. atau lebih memperluas isi bacaannya. tentunya  berdasarkan sumber yang relevan

Beberapa tips dan saran dari ibu Hati
1. Menulis PTK boleh dilakukan oleh dua orang.
2. Pastinya untuk mengubah buku menjadi PTK, perlu banyak membaca buku best seller, bagaimana mereka menyajikan materi untuk menjadi sebuah buku. melihat tata letak sebuah buku agar lebih menarik dibaca.
3. Beberapa bagian yang sebaiknya ditiadakan dari PTK yang akan dijadikan buku yaitu kata-kata PTK pada bagian pendahuluan. Kemudian bagian yang ditambahkan adalah di materi kata kunci PTK kita. misalkan  judul implementasi *Media  stearofom  pembelajaran  Organisasi kehidupan untuk meningkatkan kreativitas* kita kembangkan  tentang Media (Pengetian, manfaat, jenis),  Pembelajaran (materi tentang  belajar mengajar),  Kreativitas (diberi pengertian dan lainnya)
5. Upayakan agar pembaca memahami isi buku kita secara lengkap, dan mengena apabila menjadi buku. bebas  terserah penulis, karena setiap penulis memiliki ide  dan kreativitas masing-masing yang berbeda sesuai penggalaman dan bacaannya yang dia dapat.
6. Mengubah PTK menjadi buku itu  PTK keseluruhan kita masukkan dalam buku
7. Untuk data grafik boleh dimasukkan..itu bukti telah diterapkan atau diaplikasikan di kelas, tidak masalah
8. Satu PTK bisa menjadi satu buku, begitu pula satu best practice bisa menjadi satu buku.

Kesimpulan materi malam ini adalah

Agar KTI kita lebih  double manfaat, dibukukan lebih baik dan bisa dibaca oleh pendiidk lainnya, daripada berbagi file PTK kita,  dibukukan memiliki ISBN  dan menjadi karya kita tak lekang oleh waktu.

Semakin Literatnya Penulis Akan Semakin OKE Buku Yang Dia Tulis


*Karena literasi rangkaian membaca, berpikir dan menulis*

9 komentar:

  1. Keren bu..
    Tetap semangat dan salam kenal 😊

    BalasHapus
  2. alhamdulillah,benar ibu semakin banyak kita literasi maka semakin banyak resensi dan ide yang kita dapatkan ,terimakasih

    BalasHapus
  3. Hore..udah pintar ngeblog semua nih...jgn lupa berkunjung jg ..ya

    BalasHapus

Aryanta

 Kata Aryanta bermakna tegas, pendirian kuat, cenderung kaku dan keras kepala. Karena ada makna negatif, maka kami tambahkan nama Damar dala...