Jumat, 12 Juni 2020

Resume Kuliah Online 6

Malam ini tanpa terasa kelas menulis bersama Omjay sudah memasuki pertemuan keenam. Berbagai macam ilmu sudah kami dapat dari materi sebelumnya dengan pembicara yang sangat luar biasa. Dipertemuan keenam ini kami kembali akan bersama pembicara yang luar biasa yaitu Mr Bams.




Nama Lengkap : Bambang Purwanto, S.Kom., Gr.
Nama Panggilan 1 : Abang (nama panggilan keluarga di rumah )
Nama Panggilan 2 : Ayah Salwa (nama panggilan sebagai pendongeng)
Nama Panggilan 3 : Mr.BamS (panggilan di sekolah SMP Taruna Bakti)
Tempat Lahir : Bandung
Tanggal Lahir : 6 April 1974
Pekerjaan : Guru Tetap SMP Taruna Bakti
Alamat Rumah : Perumahan Lebakwangi Asri RT 04 RW 13 Desa Lebakwangi Kec Arjasari Kab Bandung Jawa Barat – 40379
No Kontak : 088809405468, 081322278305
Email pribadi : bangpurwa@gmail.com
Blog & Website : www.penamrbams.id
Instagram : @ayahnasalwa
Pendidikan Akhir : STMIK AMIKBANDUNG, Jurusan Sistem Informasi
Hobi : Membaca Buku, mendongeng, berorganisasi, catur

Memulai mengajar di SMP Taruna Bakti pada 2008 dan memulai dunia blog pada 2009. Awalnya menggunakan multiply, namun kemudian berpindah ke wodpress. Memilih menjadi blogger karena beliau menyukai dunia menulis. Selain itu beliau juga menyukai mendongeng. Mulai tahun 2011 beliau mendirikan Taman Baca di rumah beliau dan makin tahun Taman Baca ini semakin berkembang.


Beliau dijuluki sebagai Pegiat Literasi sejak 2011 dan sudah menanamkan budaya membaca lima belas menit bahkan sebelum diluncurkan Gerakan Literasi Nasional.

Tujuan Beliau membuat blog :
1. Malu sebagai guru TIK ngak punya blog
2. Malu sebagai penggiat literasi ngak punya blog
3. Berbagi pengalaman
4. Menyimpan tulisan sepanjang zaman (bukan sepanjang hayat)
5. Menghasilkan rupiah


Menurut beliau, beberapa hal yang bisa ditulis di blog antara lain:
1. Isilah yang disukai. Senang menulis cerpen, tulislah cerpen. Senang menulis puisi tulislah puisi
2. Isilah yang bisa membantu orang lain, tidak hanya pengetahuan atau informasi.
Dengan adanya wabah Corona ini, Mr Bams berhasil mengadakan beberapa kelas untuk belajar ngeblog dengan investasi yang jauh lebih murah dari harga pasaran.

Lakukanlah apa yang mau dan bisa kita lakukanlah.
Banyak orang yang bisa tapi kadang tidak mau melakukannya
Bermodal mau maka akan menjadi bisa.

Mr Bams berharap pengalaman yang disampaikan hanya setetes embun dipagi hari dapat diambil manfaatnya. Masih banyak orang hebat di sana. Kita bukan untuk menjadi orang hebat, akan tetapi semoga kita menjadi orang yang bermafaat kapanpun, dimanapun dengan siapapun.

Sebagai penutup Mr Bams menunjukkan kemampuan sebagai pendongeng dengan menghadirkan MARIO TEDUH
Motivasi dari MARIO TEDUH (Mari Ayo Tenang Dalam Urusan Hidup)
Menulislah apa yang diinginkan. Menuliskan apa yang bisa ditulis. Jangan menulis apa yang tidak bisa dituliskan. Tetapi tulislah sehingga itu bermanfaat. Semoga semua sukses melahirkan buku-buku yang hebat.

Berikutnya kami memasuki sesi tanya jawab dan diskusi. Beberapa pertanyaan yang dijawab malam ini antara lain:
1. Biasanya orang lebih suka mengotak-atik blog dari pada menulis di blog. Karena orang memang selalu tergoda dengan penampilan, sehingga seringnya otak-atik. Solusi agar bisa lebih fokus menulis dari pada otak atik blog saja adalah berdamailah dengan diri sendiri, buatlah target menulis. Semiggu sekali kah ? Dua hari sekali kah ? Atau setiap hari. Lakukan yang bisa dulu, bila sudah terpenuhi, tingkatkan kembali intensitas menulisnya
2. Kemampuan seseorang menjadi mahir dalam ngeblog berbeda-beda. Ada yang satu hari sudah bisa. Bila hanya dasar (a) membuat blog, (b) belajar posting 2 hari juga bisa.
3. Blog yang bisa menjadi nilao rupiah itu memang tergantung rejeki. Berdasarkan pengalaman blognya penamrbams.id lahir senang membahagiakan yang lain. Jika kita melakukan kebaikan, maka akan datang kebaikan.
4. Solusi jika muncul rasa malas ngeblog salah satunya adalah ganti kalimatnya menjadi *Saya sedang berjuang membuat blog, maka saya akan lakukan*. Mahir bisa dilatih, yang bisa latihan hanya orang yang mau berlatih.
5. Menulis di blog bisa dimana saja, ada *blogspot* ada *wordpress*, ada juga yang di *web*. Menulis dimana pun bagus, tergantung selera dan kebiasaan. Boleh punya dua asal bisa dikelola dengan baik. Mengelola dua blog dibutuhkan kedisiplinan dan latihan yang tekun. Bila latihan pasti bisa.
6. Perbandingan antara WORDPRESS dan BLOGSPOT dua-duanya bagus. Fokuslah di satu blog, kemudian berbahagialah dengan blog yang dikelola.
7. Hal yang postif yang didapat dari ngeblog adalah hidup merasa tertantang untuk bisa mengisi blog setiap harinya. Apalagi sudah punya target.
*Kendala saat ngeblog*
1. Jaringan sedang tidak bersahabat, padalah kita mau posting
2. Habis ide, kadang mengalami. Solusinya dengan membaca ke taman baca atau perpus pribadi

8. Beberapa cara agar blog ramai dikunjungi
1. Tergabung dengan komunitas (seperti grup menulis ini, ada 12 grup)
2. Sering memperkenalkan blog kita kepada yang lain, bisa di WA, FB, IG
3. Rajin berkunjung ke blog yang lain
4. Buatlah blog kita untuk membantu orang lain

9. Manfaat yang bisa kita dapat dari ngeblog antara lain:
1. Blog bisa menyimpan tulisan kita, tetapi bisa dibaca oleh banyak orang. Beda kalau tulisan disimpan di laptop, komputer bahkan buku.
2. Melatih menulis, jadi terbiasa menulis.
3. Membangun kepercayaan diri melalui tulisan.

10. Kisah guru Ngeblog yang ada di Wordpress, adalah pengalaman-pengalaman selama membuat blog. Pengalaman bagaimana mengajarkan peserta kelas blog, membutuhakan kesabaran luar biasa. Membalas chat japri saat membuka kelas blog itu membuat keringat dingin, rasanya lega apabila bisa terselesaikan semua. Saat blog digunakan oleh sekolah saat pandemi covid. daringsmptarunabakti.worpdess.com

11. Agar dapat menjadi seorang guru blogger, buatlah blogger dari sekarang. kemudian belajar menulis. Setelah itu posting dan saat itu sudah menjadi guru blogger (maksudya guru yang menggunakan dan memanfaatkan blog)

12. Cara termudah agar blog menghasilkan uang misalnya punya keahliah atau punya barang. Promosikan di blog tersebut, kemudian alamat blog tersebut disebarluaskan. Di blog itu kalau mau jual makanan. Ada gambar makanannya, ada harganya, ada cara pesannya. Bila punya keahlian mengajarkan tari, posting tentang tari ada videonya. Kemudian promosikanlah. Selamat mencoba, semoga berhasil.

13. Perbedaan antara blog berbayar dengan blog yang gratis adalah pada blog berbayar ada, biasanya lebih ke fasilitasnya berbeda. Pilihan blog berbayar karena ingin terlihat penampilannya berbeda, ya ngak gratisan. Tapi bagi kita guru, optimalkan saja yang ada, tidak harus pilih berbayar. Kecuali memang ingin menaikan kelas.

14. Motivasi Mr Bams menulis di blog
Motivasi utama adalah melatih kebiasaan menulis dan membuat blog yang kita kelola bermanfaat untuk yang lain.

15. Kiat untuk menarik pembaca salah satunya dengan adanya komunitas. Bila kita seorang guru, buatlah materi dan tugas di blog kita, maka pasti banyak pengunjung ke blog kita. Kemudian tulislah tidak hanya materi dan tugas. Akan tetapi yang lainnya kita tuliskan, agar menjaring pembaca. Tetap semangat, tapi saranya saya adalah menulislah untuk membahagiakan yang lain, maka kebahagiaan akan datang tak tertahankan.

16. Untuk tema dalam blog pada tahap awal silahkan tuliskan apa yang kita sukai, bila diawal kita sudah bingung biasanya ngak jadi. Kemudian seiring waktu, mana yang lebih konsisten tulisan-tulisan kita. Sediakan saja menu, atau tag untuk tulisan-tulisan kita. Hati-hati dengan Curhat jangan sampai kelepasan, ingat blog konsumsi publik. Pintar-pintarlah memposting tulisan.

17. Untuk mendapatkan ide cerita maka harus rajin baca buku, sering memperhatikan yang lagi ramai dibicarakan apa.

18. Untuk dapat menerbitkan buku hal paling gampang berkenalanlah dengan penerbit, biasaya penerbit akan memberikan arahan. Konsultasi lebih jelas dengan Omjay silahkan. Memang harus bersabar, yang penting selalu ada ikhtiar. Bila sudah waktunya pasti bukunya terbit.

19. Bila tulisan kita sudah ada di blog, ikhlaskanlah. Karena bila sudah dipublish, tidak lagi hanya milik kita. Akan tetapi kita sebagi blogger yang baik, bila mengambil sumber dari yang lain sebaiknya link/URL nya disebutkan juga, sebagai penghargaan kepada pemiliknya, atau penulisnya. Menabung yang baik adalah dengan memberi.

20. Bagaimana agar blog kita
Enak dibaca.....
Enak dilihat.....
menulis adalah keterampilan, jadi bisa dilatih. Berlatih teruslah menulis dengan penuh kesabaran. Enak dilihat, belajar tentang mengatur tampilan. Bisa saja bertanya kepada yang tampilannya bagus, bagaimana caranya, lama-lama enak dilihat.

Tanpa terasa waktu semakin malam. Padahal menurut Ibu Moderator kami yaitu Ibu Fatimah S.Si dari Aceh, masih banyak pertanyaan yang diajukan kepada Mr Bams.Pada akhirnya kamipun terpaksa menerima bahwa Mr Bams akan menyimpulkan materi, yaitu:

1. Sebagai guru tantangan saat ini sangat luar biasa, membiasakan menulis adalah bagian dari keterampilan yang harus diperlihatkan. Caranya dengan menulis diblog, mengirimkan tulisan ke media cetak (koran, majalah, media online) kemudian membuat buku.
2. Buatlah blog yang dikelola sepenuh hati, tidak hanya memenuhi target. Akan tetapi tumbuh kembangkanlah blog, sehingga blog bisa menjadi cerminan pemiliknya.
3. Berbagilah kebaikan dengan cara apapun, termasuk media blog.
4. Setiap orang punya potensi yang luar biasa, maka galilah dan kembangkan
Banyak orang yang bisa akan tetapi tidak semua orang mau melakukan sesuatu. Hidup ini akan selalu bahagia, karena bahagia diciptakan setiap saat. Buatlah tulisan agar dikenang sepanjang jamaan.
_Salam Bahagia_
Mr.Bams
penamrbams.id

Dan malam ini ditutup kembali dengan Motivasi dari MARIO TEDUH
Menulislah dengan hati. Hadirkan jiwa dan raga dalam tulisan itu. Bila itu dihadirkan, maka tulisan akan berasa dinikmati oleh siapapun yang membacanya. Jadi, rajin lah menulis.


Salam Super SeterusnyaπŸ’ͺπŸ’ͺ

5 komentar:

  1. Maryo Teduh
    Mari Ayo Tenang Dalam Urusan Hidup

    BalasHapus
  2. Salam Super Selamanya...πŸ™
    Mohon ijin saya menulisnya dengan MARIO πŸ™πŸ™

    BalasHapus
  3. Sip..sdh keliling ini senusantara..super

    BalasHapus

Aryanta

 Kata Aryanta bermakna tegas, pendirian kuat, cenderung kaku dan keras kepala. Karena ada makna negatif, maka kami tambahkan nama Damar dala...