Jumat, 12 Juni 2020

Balada Donat

Donat adalah makanan yang sangat populer di berbagai kalangan. Hampir tidak ada manusia yang tidak mengenal donat. Di berbagai belahan dunia, donat memang sudah terkenal.



Imbas dari Work From Home ( WFH ) saya jadi sering berselancar di dunia maya. Terutama di aplikasi biru berlogo huruf. Awal-awal stay at home  banyak sekali resep masakan yang di share. Baik itu resep makanan berat ataupun resep snack. Salah satu resep yang paling sering berkeliaran adalah resep donat. Karena sering melihat resep ini, maka saya pun ingin mencoba membuatnya.

Berikut saya sertakan salah satu resep yang saya coba


Langkah demi langkah saya ikuti. Namun setelah ditunggu-tunggu adonan tidak mengembang dan pada akhirnya saya jadikan kue garpu saja adonan tadi. Donat gagal..

Saya tidak putus asa. Seminggu berselang saya coba kembali resep yang lain. Namun hasilnya sama, adonan tidak mengembang.

Saya yakin ada yang salah. Saya coba mencari resep dengan kata tambahan "bikin donat ga ribet". Dan munculah berbagai macam resep yang tetap saya coba buat lagi. Walaupun akhirnya tetap sama, adonan tidak mengembang.

Setelah berulang kali mencoba, saya menyerah. Saya tetap tidak bisa membuat donat. Berasa kecewa sekali dengan semua kegagalan saya. Dan saya bertekad untuk tidak akan membuat donat lagi.

Sampai akhirnya suatu malam saya bertemu dengan seorang teman yang anaknya masih kelas 6 SD. Teman saya bercerita bahwa anaknya tadi membuat donat dalam jumlah agak banyak sehingga bisa memberi beberapa donat ke saya. Tanpa malu saya langsung memakan donat itu dan rasanya enak. Donatnya empuk dan mengembang sempurna. Sayapun meminta bantuan sang anak untuk mengajari saya membuat donat.

Jadilah pagi ini kami berdua berbelanja kebutuhan untuk membuat donat. Langkah demi langkah saya ikuti instruksinya. Dan saya pun baru tersadar kalau ternyata selama ini saya salah dalam membuat fermipannya. Selama ini saya mencampur fermipan itu dengan air panas. Ternyata yang diperlukan adalah air hangat cenderung dingin. Dan kita tunggu sampai fermipan mengembang yang ditandai dengan munculnya buih-buih seperti buih sabun yang sudah agak lama...

Dan akhirnya saya bisa membuat donat. Pesan saya, jangan malu untuk belajar walau yang mengajari adalah anak kecil. Dan juga jangan sampai seperti saya yang salah dalam memaknai resep masakan..

Semoga bermanfaat dan mari kita masak...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aryanta

 Kata Aryanta bermakna tegas, pendirian kuat, cenderung kaku dan keras kepala. Karena ada makna negatif, maka kami tambahkan nama Damar dala...