Senin, 22 Juni 2020

Tips Mengatasi si Pemalu

Sebagai seorang guru, tidak jarang kita akan menemui siswa pemalu dalam proses belajar. Kadangkala siswa yang pemalu adalah siswa yang bisa masuk dalam kategori pintar atau mampu dalam pelajaran itu. Contohnya dalam pelajaran Matematika.

Ada salah satu siswa yang sebenarnya sangat teliti dalam mengerjakan dan sangat memperhatikan saat guru menjelaskan. Namun, siswa tersebut akan sangat malu apabila disuruh maju ke depan kelas untuk langsung mengerjakan di papan tulis. Biasanya siswa tersebut akan menyuruh teman di sebelahnya untuk maju dan menuliskan jawaban dari bukunya.

Jika pada pelajaran ilmu pasti, tentu lambat laun guru dapat mengerti. Namun jika pada dsiplin ilmu social, maka ini akan merugikan siswa tersebut. Terutama jika pengambilan nilai menggunakan metode presentasi.
Nah, untuk itu ada beberapa hal yang mungkin dapat kita lakukan. Berikut beberapa hal yang bisa kita lakukan agar siswa semakin percaya diri

  1. Dekati siswa, ajak berbicara dan berikan motivasi agar siswa menjadi berani.
  2. Lebih sering berikan tawaran untuk maju ke depan kepada siswa yang minder itu.
  3. Saat menjelaskan, sering kontak mata sedikit lebih lama pada siswa yang pemalu ini.
  4. Berikan motivasi pada seluruh siswa agar berani mengemukakan pendapat secara langsung.
  5. Yang paling utama adalah guru harus lebih sering tersenyum saat mengajar. Karena setelah saya terapkan, siswa akan lebih berani dan nyaman saat maju ke depan kelas.

Demikian beberapa tips yang bisa saya bagikan, mudah-mudahan bermanfaat.

2 komentar:

Aryanta

 Kata Aryanta bermakna tegas, pendirian kuat, cenderung kaku dan keras kepala. Karena ada makna negatif, maka kami tambahkan nama Damar dala...