Senin, 01 Juni 2020

Resume Kuliah Online 1


Senin, 1 Juni 2020

Malam ini kami memulai kuliah online kelas menulis yang pertama. Banyak hal-hal menarik yang disampaikan. Ada beberapa hal saya dapat, diantaranya sebagai berikut:


Banyak orang tidak tahu bahwa menulis buku memerlukan waktu yang lama. Karenanya Omjay mengajak untuk menulis setiap hari di blog. Agar apapun ide yang kita dapat, akan terangkum dalam tulisan di blog kita.
Buku Melejitkan Keterampilan Menulis Siswa milik Omjay diterbitkan dalam waktu 3 bulan. Bahkan untuk buku Catatan Harian Seorang Blogger diterbitkan dalam waktu 6 bulan. Ini menunjukkan bahwa menulis buku benar-benar memerlukan waktu yang lama. Untuk seorang hebat seperti Omjay saja sampai  lebih dari 1 bulan, apalagi bagi pemula.


Maka benarlah apa yang disampaikan Omjay malam ini, bagi penulis biasakan untuk menulis setiap hari ide-ide yang terlintas.
Selain memerlukan waktu yang lama, dalam menulis buku kolaborasi juga merupakan hal yang penting. Kolaborasi bisa terjadi antara sesame penulis, namun yang paling utama adalah kolaborasi antara penulis dan editor.
Menulis buku memiliki tujuan berbagi ilmu dan pengalaman

Beberapa tips dari Omjay
Menjadikan menulis dan membaca sebagai kebutuhan seperti halnya makan dan minum
Selalu ikuti aturan penerbit jika ingin buku diterbitkan
Awali menulis dengan 3 alinea: pembukaan, isi dan penutup. Kemudian dikembangkan
Perbanyak membaca buku best seller.
Bergabung dalam WA Grup belajar menulis agar tulisan bisa menjadi buku.
Untuk menjadikan karya ilmiah menjadi buku, maka kita harus belajar langsung pada ahlinya dan menyiapkan waktu khusus
Untuk editor, bisa dari teman atau dari penerbit
Terus berlatih menulis setiap hari
Tidak ada trik khusus untuk penulis pemula agar PD, maka langsung menulis saja.
Untuk memperbanyak ide, maka kita harus rajin berkunjung ke blog orang lain

Kata Mutiara malam ini
"Rabun membaca, lumpuh menulis"
"Fokus dan banyak latihan menulis"

Kesimpulan dari kuliah online malam ini adalah menulis dan meberbitkan buku butuh kolaborasi. Penulis tidak bisa bekerja sendiri. Butuh org lain yg baik hati seperti editor yang menemukan kesalahan kita dalam menulis. Oleh karena itu nikmati prosesnya dan mulailah menulis di blog. Diminta atau tidak diminta. Blog harus kita isi dengan tulisan yg menarik dan inspiratif. Pasti akan banyak pengunjungnya tanpa kita minta.

Semangat menulis...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aryanta

 Kata Aryanta bermakna tegas, pendirian kuat, cenderung kaku dan keras kepala. Karena ada makna negatif, maka kami tambahkan nama Damar dala...