Jumat, 26 Juni 2020

Resume Kuliah Online 12

Jumat, 26 Juni 2020 ini kami melanjutkan kembali kelas Menulis bersama Omjay. Walaupun cuaca sedang dingin-dinginnya, saya tetap bersemangat. Mengingat malam ini saya dapat kembali menyimak materi yang luar biasa dari sosok hebat berikutnya yaitu pak Namin. Untuk profil lengkap beliau dapat kita baca pada Profil Pak Namin

Sharing malam ini melalui media Youtube di channel Youtube Pak Namin. Materinya tentang Bagaimana membangun branding di blog dan media sosial.
Diawali dengan menyimak cara pak Namin AB Solihin, yang merupakan founder motivatorpendidikan.com dalam membangun branding. Berawal dari ngeblog gratis di blogspot.com pada 2007 yang isinya hanya tulisan iseng bahkan hanya copy paste dari sumber lain. Pada tahun 2014 membuat blog Motivator Pendidikan. Di tahun ini juga pak Namin mulai menulis banyak hal mengenai dunia pendidikan, bagaimana beliau mendidik, mengajar dan sebagainya sehingga kemudian lahirlah buku-buku yang tulisannya bersumber dari blog. Termasuk tawaran untuk menjadi pembicara diberbagai kesempatan. Dari situlah branding muncul. Yang utama, selama perjalanan ngeblog beliau, beliau selalu belajar berbagai hal termasuk editing video.

Kesuksesan itu dibangun bukan dengan jalan instan tetapi dengan perjuangan yang panjang.

Manfaatkan blog dan media sosial untuk aktivitas yang positif, bukan masalah pribadi.
Beberapa materi presentasi bapak Namin dapat kita lihat di Materi Seminar Pak Namin

Di semua media sosial pak Namin bertujuan untuk sebanyak-banyaknya menyebar manfaat. Dan ternyata dari sinilah jalan justru terbuka dengan datangnya banyak tawaran menjadi pembicara.

Setiap kita harus memiliki Skill Pendukung pada passion kita.

Fokuslah pada satu kompetensi dan dalamilah.

Untuk menjadi guru blogger, tidak hanya dengan menulis saja tetapi perlu diimbangi oleh design. Dan pak Namin membuktikan bahwa belajar secara otodidak juga bisa untuk menguasai design. Kita ngeblog, kita juga harus terus mengasah diri. Hal yang penting bagi seorang blogger adalah harus bisa design dan editing video.

Anda dikenal sebagai siapa di Google?
Tulislah konten-konten positif di blog kita setiap hari. Fokus pada kompetensi kita, sesuai kapasitas dan kemampuan diri. Tuluskan niat untuk berbagi manfaat dalam setiap tulisan kita.

Belajar menciptakan branding melalui media sosial dan blog.
  • Ini merupakan perjalanan yang panjang, bersabar dan bersemangatlah. Ketika mulai ngeblog, kenali potensi kita. Tuliskan hal-hal yang paling dikuasai. Jadi, kenalilah terlebih dahulu apa potensi dan passion kita. 
  • Kemudian buat nama blog sesuai branding yang sudah kita tentukan sesuai dengan passion kita. Nama blog harus unik, simple dan mudah diingat, jangan yang terlalu aneh dan susah.
  • Menulislah sesuai passion, publish potensi terbaik yang anda miliki di blog. 
  • Selain menulis yang sesuai passion, kita juga dapat menulis konten sesuai peemintaan pembaca. Ini bisa kita lihat pada statistik blog. 
  • Selalu masukkan keyword pada konten di blog sesuai branding yang sudah dibuat.
  • Kelola blog dengan konsisten. Atur dengan design yang kreatif dan informatif.
  • Share tulisan di blog melalui media sosial. Bangun branding di media sosial dengan menghadirkan konten positif.
  • Jangan plagiat karya orang lain. Menulislah dengan percaya diri sesuai kapasitas.

Membangun Branding memang tidak mudah, tapi jika kita sungguh-sungguh Insya Allah ada kemudahan.

Membangun Branding juga harus sejalan dengan kompetensi yang kita miliki. Jangan coba-coba membangun Branding tertentu tapi tidak punya Ilmunya.

Membangun Branding melalui blog juga harus selaras dengan kepribadian kita di Blog, Medsos dan segala aktivitas yang kita lakukan.

Menulis konten Blog dengan konsisten pada Branding yang kita miliki adalah kewajiban yang harus ditaati. Kalau mau dikenal sebagai pakar pendidikan misalnya, ya sudah konsisten nulis hal-hal yang berkaitan dengan hal tersebut.

Berikutnya kami memasuki sesi tanya jawab maupun sharing. Seperti biasa, ibu Fatimah sebagai moderator kami. Beberapa hal yang didiskusikan malam ini antara lain
  1. Motivasi terbesar pak Namin untuk sukses adalah beliau ingin hidupnya dirasakan manfaatnya oleh banyak orang. Untuk menjadi orang bermanfaat, tahapan yang kita harus lakukan belajar dulu. Kemudian mengalami langsung dan setelah itu barulah kita berusaha untuk memberikan untuk banyak orang. Karena itu pak Namin mempunyai motto "jadilah pribadi yang menginspirasi, menggerakkan dan meneladani"
  2. Saat ini motivasi terbesar beliau adalah ingin mewujudkan visi dan kurikulum keluarga agar anak-anak menjadi pribadi yang Shalih.
  3. Apabila berminat pada games yang menarik, dapat kita lihat disini
  4. Proses menulis itu menggunakan rumus 5a yaitu Dipaksa, Terpaksa, Kepaksa, Biasa, dan Terbiasa. Jadi paksakan dulu selama 3 bulan minimal menulis 15 menit saja. Maka lama-lama akan terbiasa.
  5. Blog yang menarik itu design-nya simpel, postingan dipandukan tulisan, video dan gambar.Karena kita harus memfasilitasi tiga kecerdasan anak yang Visual, Audio, dan Audio Visual maka blog harus berisikan konten tersebut. Butuh perjuangan memang. Maka jangan pernah menyerah untuk belajar.
  6. Seorang perlu mem-branding diri jika dia punya tujuan untuk dikenal publik, karena agar ilmunya banyak dirasakan manfaatnya oleh orang, maka wajib mem-branding diri.
Materi ini sangat menarik, namun sangat disayangkan waktu sudah semakin malam. Maka Pak Namin memberikan kesimpulan kegiatan malam ini yaitu:

"Teruslah bersemangat untuk memantaskan diri menjadi pribadi yang menginspirasi, menggerakkan dan meneladani.

Terus belajar dengan banyak sumber.

Banyaklah membaca buku.

Karena kita tidak mungkin bisa menulis jika malas membaca

Jadilah sebaik-baik manusu yang bisa memberi manfaat untuk banyak orang.

Jika belum paham tentang Branding, tidak usah dipusingkan 😊

Fokus saja menulis sesuai dengan kemampuan kita."

Demikianlah kegiatan kami malam ini. Banyak sekali manfaat yang saya dapatkan dari sharing malam ini. Saya semakin paham akan pentingnya branding. Terima kasih Omjay, terima kasih pak Namin, terima kasih bu Fatimah dan pastinya terima kasih juga untuk Bapak dan Ibu Guru hebat yang tergabung dalam Kelas Menulis Gelombang 12 ini...
Semoga bermanfaat...

20 komentar:

  1. Sepertinya saya sering main di blog ini.. tp blm ada kunjungan balik dari empunya hehe ..... www.sarastiana.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya insyaAllah saya sudah membalas kunjungan bapak πŸ™ terutama yang meninggalkan komen. Mohon maaf jika terlewat. Jika diijinkan, bolehkah alamat blog bapak sy masukkan disini? Banyak sekali ilmu matematika yang sy belum tahu...
      Terima kasih πŸ™πŸ™

      Hapus
  2. Inspirasi tanpa batas...salam literasiπŸ™πŸ€—

    BalasHapus
  3. Komplit nih... Ayo mampir juga ya..😊😊

    BalasHapus
  4. Hallo Bu Norita, maaf baru bisa mampir hehe (suka saya lihat semangatnya), pokonya Bu Norita mantap

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih ibu...
      Ibu salah satu motivator saya...pengen juga suatu saat bisa sehebat ibu Katmie...πŸ™

      Hapus
  5. sdh mampir Bu tulisannya bagus sekali..yuk jln2 juga k rumahku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih ibu...πŸ™
      Saya sudah berkunjung juga...

      Hapus

Aryanta

 Kata Aryanta bermakna tegas, pendirian kuat, cenderung kaku dan keras kepala. Karena ada makna negatif, maka kami tambahkan nama Damar dala...