Rabu, 08 Juli 2020

Resume Kuliah Online 17

Malam ini setelah menyelesaikan tugas sebagai ibu, saya memastikan bahwa si kecil sudah terlelap. Waktunya sekarang untuk saya melanjutkan belajar di kelas menulis bersama Omjay.
Malam ini memasuki pertemuan ke 17 dengan narasumber bapak Joko Irawan Mumpuni. Beliau adalah direktur penerbitan dari penerbit Andi.
Materi akan disampaikan dalam dua sesi yaitu 
Sebagai guru, bisa dikatakan akademisi dan pendidik. Tujuan publikasi hasil tulisan bagi akademisi antara lain adalah orientasi pada profit, pengabdian, branding, memenuhi regulasi, dan lain sebagainya.

Terkait dengan tulis menulis, dimanakah posisi kita saat ini?
Amati gambar berikut
Dalam industri buku, terdapat jejaring yang rumit seperti pada gambar berikut 
Penerbit adalah perusahaan yang mencari keuntungan untuk bertahan hidup untuk semua karyawannya. Rata-rata penerbit akan mencari keuntungan yang mana artinya penerbit tidak akan sembarangan menerbitkan buku. Penerbit tidak akan menerbitkan buku yang tidak menghasilkan keuntungan.
Secara sederhana, ekosistem penerbitan dapat di tampilkan 
Pembaca dianggap sebagai pasar. Penulis, penerbit dan penyalur adalah produsennya. Maka, buatlah sebuah buku yang diminati pasar.

Penghambat dalam literasi di Indonesia ada tiga hal yaitu:
1. Minat baca yang masih kurang.
2. Minat tulis yang masih rendah.
3. Apresiasi hak cipta yang masih kurang ditandai dengan masih banyaknya pembajakan, dan duplikasi non legal seperti banyaknya e-book ilegal yang diedarkan.

Proses naskah menjadi buku.
Naskah yang sudah diterima akan dinilai apakah naskah tersebut akan laku atau tidak. Naskah yang diterima, maka akan diminta softcopy lengkap dan tanda tangan surat perjanjian. Untuk naskah yang ditolak akan dikembalikan. Dalam pengiriman naskah, sebaiknya dikirim hardcopy saja. Setelah softcopy dikirim, maka akan diedit, setting, cetak dan dijual.

Ciri penerbit yang baik:
1. Memiliki visi dan misi yang jelas
2. Memiliki Bussines core lini produk tertentu
3. Pengalaman penerbit
4. Jaringan pemasaran
5. Memiliki percetakan sendiri
6. Keberanian mencetak jumlah eksemplar
7. Kejujuran dalam pembayaran royalti.

Yang akan penulis peroleh dari menulis
1. Kepuasan
2. Reputasi
3. Karir
4. Uang

Naskah yang akan diterima oleh penerbit adalah yang mengambil tema populer. Untuk meningkatkan popularitas penulis, kita bisa membuat akun google scholar.

Dasar menentukan oplah (jumlah cetakan)
1. Market Sempit, Lifecycle panjang contohnya seperti buku Fisika, Matematika, Kimia dan sejenisnya
2. Market panjang, Lifecycle panjang contohnya kamus
3. Market lebar, Lifecycle pendek misal buku tentang Microsoft 2016 atau UU Perpajakan
4. Market sempit, Lifecycle pendek misal seperti tsunami Aceh.
Sebaiknya hindari tipe yang keempat.

Penulis ada dua, idealis dan industrialis. Idealis itu yang tidak mengejar uang, biasanya untuk branding. Sedangkan penulis industrialis sangat mengutamakan uang. Sebaiknya menjadi penulis gabungan saja.
Menulislah buku yang banyak digunakan banyak orang.
Bila kau bukan anak raja dan bukan anak ulama besar, maka menulislah supaya hidup ini lebih mulia untuk sesama (Imam Ghazali)

Selanjutnya kami memasuki sesi tanya jawab. Banyak sekali pertanyaan yang diajukan. Beberapa dari pertanyaan tersebut saya tuliskan sbb:
1. Buku yang tidak digunakan secara pasti di kampus dan sekolah termasuk buku popular. Biasanya disajikan dengan gaya bahasa yang renyah dan tidak formal.
2. Waktu untuk mendapat jawaban dari penerbit berbeda-beda, tergantung urgensi dan banyaknya naskah yang sudah diterima. Bisa sekitar 2 minggu sampai 1 bulan. 
3. Untuk buku teks minimal 200 halaman. Atau minimal 150 halaman ukuran A4. Bukan berbentuk seperti modul. Buku teks termasuk buku ajar dan buku referensi.
4. Buku sekolah jarang dipasang di toko buku karena menggunakan sistem direct selling ke sekolah.
5. Dalam menerbitkan buku teks mengacu pada kurikulum yang berlaku.
6. Cetakan pertama tergantung pada pasar. Jika permintaan banyak maka akan dicetak dalam jumlah banyak pula.
7. Misal akan menerbitkan buku tentang biografi Omjay, kita bisa mengangkat sisi perjuangan Omjay dalam mempertahankan mata pelajaran informatika dan lain sebagainya.
8. E-book saat ini hanya buku fisik yang diubah menjadi pdf. Kedepannya e-book akan semakin menarik dengan dilengkapi berbagai fitur.
9. Saat ini buku yang paling banyak diminati selama pandemi 
10. Penerbit Andi menerbitkan semua buku. Silakan mengirimkan naskah dan terus tanyakan perkembangannya.

Tanpa terasa waktu sudah harus berakhir. Dan kesimpulan akhir dari pak Joko adalah
"Banyak salah pengertian antara penulis dan keinginan penerbit. Setelah ada penjelasan dan komunikasi, seharusnya tidak ada lagi missed komunikasi tentang naskah yang akan diterima penerbit. Apapun yang terjadi, kirimkan naskah ke penerbit dengan segala resiko, dan dari situ kita akan banyak belajar"

Demikian akhir dari kelas ke 17 malam ini. Semoga tulisan ini bermanfaat...
Terima kasih 🙏🙏

12 komentar:

Aryanta

 Kata Aryanta bermakna tegas, pendirian kuat, cenderung kaku dan keras kepala. Karena ada makna negatif, maka kami tambahkan nama Damar dala...